Rabu, 21 Juli 2010

Al-Quran Mengajarkan Ilmu Peternakan

بسم الله الرحمان الرحيم

Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam yang telah menciptakan berbagai jenis Hewan ternak untuk di manfaatkan oleh manusia. Dalam dunia ternak banyak sekali Ilmu yang harus kita pelajari dan memberi pelajaran buat kita sebagai Manusia mahluk ciptaan Tuhan yang sempurna di antara mahluk ciptaan-Nya dan juga sebagai khalifah di Muka Bumi ini.

Ternak dan hasil ternak sangat penting bagi kehidupan manusia. Contohnya sebagai bahan pangan yang bergizi tinggi (susu, daging dan telur) ,perhiasan,alat transportasi dan juga bisa jadi hewan peliharaan/kesayangan, dalam kegiatan keagamaan misalnya dalam ibadah Qurban pasti dibutuhkan sapi,kambing, dan domba, bahkan juga bisa sebagai sumber pendapatan. Mengenai sumber pendapatan, maka benarlah pepatah arab mengatakan “Negara yang kaya dengan ternak tidak akan pernah miskin, dan negara yang miskin dengan ternak tidak akan pernah kaya”.

Sesuai dengan judul artikel ini, dalam surat An Nahl ayat 66:

وَإِنَّ لَكُمْ فِي الْأَنْعَامِ لَعِبْرَةً نُسْقِيكُمْ مِمَّا فِي بُطُونِهِ مِنْ بَيْنِ فَرْثٍ وَدَمٍ لَبَنًا خَالِصًا سَائِغًا لِلشَّارِبِينَ


“ Dan sesungguhnya pada binatang ternak itu benar-benar terdapat pelajaran bagi kamu. Kami memberimu minum dari pada apa yang berada dalam perutnya (berupa) susu yang bersih antara tahi dan darah, yang mudah ditelan bagi orang-orang yang meminumnya”.
Dari ayat diatas memberi penjelasan dan pelajaran, bagaimana air susu itu tercipta dan bagaimana air susu itu bisa langsung diminum oleh manusia, sedangkan tempatnya berada diantara kotoran dan darah?. Disinilah manusia dan khusunya Mahasiswa yang mengambil jurusan Ilmu Petrnakan mulai kita diajak berpikir dan mengadakan penilitian.










"Mari Berbagi Ilmu Dan Cerita"

Tidak ada komentar: