Selasa, 17 Agustus 2010

Manfaat Ternak Untuk Manusia


Kondisi Peternakan di Indonesia
Peternakan di Indonesia umumnya masih merupakan usaha pelengkap/sambilan, baik dalam bentuk backyard farming maupun small holder;
Petani mengusahakan tanaman padi, palawija, tanaman tua dan memelihara beberapa ekor ternak.
Savana kering Nusa Tenggara Timur, peternakan sapi agak menonjol, tetapi tidak/kurang berfungsi dalam membantu usaha tani.
Ternak yang banyak dipelihara adalah sapi, kerbau yang berfungsi sebagai tenaga kerja, pupuk, transportasi dan tabungan hari tua, disamping ternak kecil lainnya.
Korelasi Penduduk-Ternak
Ternak di Indonesia tidak bisa dipisahkan dari kehidupan petani (kecuali ternak ayam yang dewasa ini sudah mulai berkembang, dan merupakan usaha peternakan yang dipelihara secara insentif),
Sistem peternakan Indonesia yang bersifat small holder erat hubungannya dengan kepadatan penduduk/petani
Konsentrasi populasi ternak yang tinggi terdapat di Jawa dimana hampir 60% ternak Indonesia berada pada daerah hanya seluas 6% dari luas Indonesia.
Dengan kepadatan penduduk itu menunjukkan pentingnya peranan ternak tersebut.

Kedudukan peternakan dalam sistem pertanian ditentukan oleh cara dan pemeliharaan ternak oleh petani.
Masalah pokok pertanian terutama didaerah padat penduduk (Jawa, Bali dan Lombok) adalah tidak tersedianya tanah garapan yang cukup disamping banyaknya tenaga kerja, sedangkan didaerah jarang penduduk, tanah garapan kekurangan tenaga kerja.
Untuk membangun sektor pertanian/ yang baik di Indonesia, diasumsi ternak adalah “industri biologis”.
Ekstensifikasi ditempuh dengan menggiatkan transmigrasi yang didukung oleh pembinaan sistem ekonomi koperasi. Untuk itu daerah aliran sungai diluar Jawa yang masih jarang penduduknya, dapat diubah menjadi daerah pertanian dan peternakan.
Daerah sub urban telah mulai berkembang peternakan komersial terutama ayam potong dan petelur dalam skala menengah dan besar yang telah menjurus kepada industri perunggasan.
Domestifikasi Hewan Menjadi Ternak
Menurut Brown dan Eckholn (1977), selama hampir 2 juta tahun lamanya manusia dapat mempertahankan hidupnya dengan jalan berburu dan memungut (hunting and gathering) biji-bijian (sereal), kacang-kacangan dan umbi-umbian,
Manusia ditepi pantai dengan menangkap ikan dan memungut hasil tanaman.
Pada dasarnya hidup adalah usaha mencari pangan dibawah intaian bahaya mati kelaparan.

Awal Domestikasi
Kemudian sekitar 10.000 tahun terakhir manusia mulai belajar menjinakkan binatang dan tumbuh-tumbuhan,
Hal ini menjadi titik tolak berubahnya pola hidup berburu menjadi bertani.
Perburuan yang tidak bisa ditentukan hasilnya ini telah digantikan oleh usaha tani yang dipengaruhi oleh lingkungan dan klimat yang tidak menentu pula.
Lanjutan..
Pada awalnya proses penjinakan hewan (domestifikasi) berlangsung secara tidak sengaja dimana adanya anak sapi/anjing yang mendekat kepada manusia, kemudian mulai saling mendekat yang akhirnya menjadi jinak. Hal yang sama juga terjadi pada tumbuhan, berupa sisa-sisa ataupun butir buah yang tumbuh didekat kediaman manusia.

Bukti Domestikas
Bukti sejarah berupa antheologi pertama menunjukkan bahwa sapi telah dijinakkan di Mesir 5000 tahun sebelum Masehi dan di Irak tahun 4500 SM. Demikian pula dilaporkan oleh Williamson dan Payne (1978), bahwa nenek moyang sapi modern berasal dari sapi Asia Tengah yang dijinakkan 8000 tahun Sebelum Masehi.

Bukti Domestikasi
Kemudian belum lebih kurang 10.000 tahun terakhir manusia mulai belajar menjinakkan binatang dan tumbuh-tumbuhan, yang menjadi titik tolak berubahnya pola hidup berburu menjadi bertani. Perburuan yang tidak bisa ditentukan hasilnya ini telah digantikan oleh usaha tani yang dipengaruhi oleh lingkungan dan klimat yang tidak menentu pula.
Bukti sejarah berupa antheologi pertama menunjukkan bahwa sapi telah dijinakkan di Mesir 5000 tahun sebelum Masehi dan di Irak tahun 4500 SM. Demikian pula dilaporkan oleh Williamson dan Payne (1978), bahwa nenek moyang sapi modern berasal dari sapi Asia Tengah yang dijinakkan 8000 tahun Sebelum Masehi.


Pada waktu manusia pertama kalinya bergerak dan hidup dibidang pertanian, dibumi ini hidup tidak lebih dari 10 juta orang, kurang dari penduduk Jakarta. Sejak itu sejalan dengan perkembangan peradapan dan budaya, serangkaian inovasi teknologi telah menyebabkan makin beragamnya hewan yang didomestifikasi baik untuk diternakkan maupun keperluan lainnya. Adanya inovasi teknologi telah menyebabkan kapasitas produksi pangan dunia baik nabati maupun hewani berlipat ganda hasilnya.


Irigasi merupakan usaha terpenting manusia untuk mengatur lingkungan guna menghasilkan pangan lebih banyak. Ini telah dimulai sejak 6000 SM di lembah Tigris dan Eufrat. Selanjutnya pemakaian tenaga ternak membantu tenaga otot manusia dalam meningkatkan kapasitas produksi.


Sedangkan perpindahan tanaman antara Dunia Lama (Eropa/Asia) dengan Dunia Baru (Amerika) merupakan pertukaran dua arah dan banyak diantara tanaman tersebut lebih produktif ditempatnya yang baru, sedangkan ternak semuanya berasal dari Dunia Lama kecuali kalkun dari Amerika.


Sejak tahun 1950 peningkatan produksi pangan didorong oleh penggunaan pupuk kimiawi yang erat hubungannya pula dengan penggunaan pestisida.
Terciptanya mesin pertanian menyebabkan tenaga manusia bertambah dengan energi mesin. Barangkali duapertiga tanah pertanian dunia dewasa ini digarap dengan mesin.


Sejak Mendel menemukan azas pokok mengenai genetika, kemampuan manusia untuk merubah komposisi genetik; baik tanaman dan ternak menyebabkan diperolehnya serangkaian kemajuan yang sangat meningkatkan kapasitas produksi pangan nabati maupun hewani. Hal ini mulai menghasikan bibit unggul melalui hibridisasi dan terbentuksnya strain ayam unggul sejak 1937 oleh John Kimber. Ini merupakan awal dari Revolusi Hijau (Green Revolution).

Kinerja domestikasi
Kenaikan hasil yang sama juga diperoleh dibidang peternakan. Sapi jinak pertama hanya menghasilkan susu 300 kg/tahun, hampir tidak mencukupi untuk makan anaknya sampai disapih, dan sampai sekarang produksi susu sapi asli (lokal) tetap sekian, tetapi tahun 1973 sapi perah di Amerika Serikat menghasilkan susu lebih dari 5000 kg/perekor/tahun.
Ayam jinak awalnya hanya bertelur 15-25 butir/tahun, tetapi telah mencapai 288 butir tahun 1973 dan dewasa ini di Jepang bahkan mencapai 365 butir/ekor/tahun (Brown dan Eckholn, 1977).

Pertanian, Ternak dan Peternakan
Adanya penemuan pertanian telah memungkinkan manusia terus-menerus melancarkan usaha untuk meningkatkan kapasitas produksi pangan bumi. Pada umumnya aktivitas manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dari produk tanaman, ternak, ikan dan aneka ternak dimasukkan kedalam sektor pertanian. Dengan demikian di Indonesia peternakan dimasukkan ke dalam subsektor pertanian dalam arti luas.

Definisi-definisi
Sebagai pengantar untuk mendalami ilmu peternakan, maka dikemukakan beberapa defenisi yang berkaitan dengan ternak dan lingkungan ternak.
Pertanian: segala macam kegiatan manusia untuk mengambil manfaat guna memenuhi kebutuhan hidupnya dari mengusahakan tanah dan tanaman dengan pengorbanan beberapa input yang sesuai dengan komoditi tersebut.


Hewan (animal): semua binatang yang hidup didarat baik yang dipelihara maupun yang liar.
Ternak (livestock=domestic animal): hewan jinak yang dipelihara yang seluruh kehidupannya mencakup kandang, makanan, perkembangbiakan (reproduksi), kesehatan, pengelolaan dan pemanfaatannya diatur oleh manusia.
Manfaat
Manfaat yang diambil oleh manusia berupa daging, susu, telur, wool, tenaga, pupuk, dan untuk hiburan. Gajah di Thailand sudah banyak yang dijadikan ternak, namun gajah dihutan Sumatera masih tetap berstatus hewan.
Dikenal beberapa kelompok ternak, yaitu:
1) Aneka ternak; adalah satwa yang belum lazim diternakkan, tetapi dapat dan baru dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan manusia, seperti kelinci, puyuh, kijang, lebah, rusa dan merpati.
Ternak besar; jenis ternak yang bertubuh besar dan memamah biak, seperti sapi, kerbau, unta dan kuda.
Ternak kecil; seperti kambing, domba dan babi.
Ternak unggas (poultry); seperti ayam, itik dan kalkun.
Selain itu pengelompokan ternak juga didasarkan kepada sifat fisiologisnya, dikenal;
Ternak ruminansia; sapi, kerbau, unta, kambing dan domba.
Ternak monogastrik; babi dan kuda walaupun termasuk herbivora.
Ternak unggas; ayam, itik dan kalkun.


Peternakan (husbandry, farming): segala upaya manusia/seseorang untuk memelihara, mengembangbiakkan ternak tertentu, guna mendapatkan manfaat sosial ekonomi, berupa susu, telur, daging, kulit, wool, tenaga dan lainnya. Dikenal empat macam peternakan, yakni:


Peternakan sambilan; Petani/peternak mengusahakan ternak disamping usaha pokoknya yang mengusahakan komoditi lainnya. Ternak digunakan terutama untuk memenuhi kebutuhan sendiri, dan jika menghasilkan pendapatan biasanya tidak lebih dari 30%.
Peternakan sebagai cabang usaha; Peternak mengusahakan pertanian/komoditi campuran dengan ternak sebagai cabang usaha tani, dengan tingkat pendapatan antara 30-70%.
Peternakan sebagai usaha pokok; Ternak sebagai usaha pokok dengan komoditi lain sebagai sambilan, dengan pendapatan yang diperoleh untuk memenuhi kebutuhan keluarganya antara 70-100%.
Industri peternakan; Peternak mengusahakan peternakan khusus dengan tingkat pendapatan 100%.

Pada sisi lain sistem peternakan bisa ditentukan pula, yakni:
Peternakan tradisional, ialah sistem peternakan yang hampir tidak menggunakan input teknologi yang berarti.
Peternakan skala kecil (small holder). Kegiatan peternakan ditingkat keluarga dengan jumlah sedikit.
Peternakan komersial, ialah segala kegiatan dibidang peternakan yang bertujuan untuk memperoleh keuntungan secara ekonomi.


Dilihat dari tingkat intensitas pencurahan tenaga kerja serta modal dan pengelolaan, maka peternakan dapat digolongkan menjadi:
Peternakan subsistance; peternakan secara sambilan tanpa pencurahan tenaga pengelolaan sebagaimana mestinya. Peternak hanya memiliki ternak, tetapi hampir dipastikan tidak mengelolanya baik pemberian makanan, kandang dan reproduksi sebagaimana seharusnya.


Peternakan semi intensif; ternak mulai dikelola tetapi belum diberi input yang layak. Makanan ternak kadang-kadang disabitkan atau diberi dari sisa-sisa rumah tangga.
Peternakan intensif; ternak dipelihara dalam kandang sepenuhnya dan seluruh kebutuhan hidup ternak dikendalikan oleh peternak. Dilihat dari produksinya, maka peternakan subsistens sangat rendah, semi intensif sudah mulai lebih baik, dan umumnya peternakan intensif selalu berproduksi secara ekonomis dan efisien.


Usaha Peternakan: merupakan suatu lapangan hidup dimana seseorang dapat menanamkan modalnya (berupa sumber daya alam, sumber modal dan sumber daya manusia), untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarganya atau masyarakat.Peternakan bertujuan untuk menghasilkan produk berkualitas secara efisien dan ekonomis.


Ilmu Peternakan: ialah ilmu yang mempelajari hal ikhwal yang berhubungan dengan kehidupan dan pengelolaan ternak berupa fisiologis, perkandangan, lingkungan, makanan, reproduksi, kesehatan, panen dan pasca panen produk ternak. Dengan kata lain ilmu yang mempelajari tentang breeding, feeding dan manajemen ternak sesuai tujuan produksinya.


Jenis/species: adalah sekelompok hewan atau tanaman yang mempunyai sifat-sifat baku tertentu yang sama dan perkawinan antara satu dengan lainnya fertil, contohnya sapi, kerbau, kambing dan unggas.


Bangsa/breed: adalah sekelompok hewan/ternak yang berasal usul sama dan mempunyai sifat khas yang menjadi ciri khas kelompok hewan tersebut dan tidak dipunyai hewan dari jenis lain. Bangsa ditandai oleh hewan sejenis yang memiliki sifat morfologis dan fisiologis yang sama atau hampir sama dan sifat-sifat tersebut bisa diturunkan kepada keturunannya. Sapi terdiri dari berbagai bangsa, seperti Angus, Hereford dan Simental, dan dapat pula digolongkan kepada sapi asli/lokal, bangsa impor, serta sapi perah, sapi pedaging dan dwiguna.


Varietas: sekelompok hewan/ternak yang secara umum mempunyai sifat persamaan tetapi diantara sifat-sifat tersebut ada perbedaan tertentu. Misalnya ayam Leghorn putih dan coklat; menghasilkan varietas White Leghorn dan Brown Leghorn.


Strain: sekelompok ternak, terutama ayam yang mempunyai nilai ekonomis tinggi (petelur dan pedaging) yang selalu disertai nama pemasarannya (Strain Hubbard, Lohman, Arbor Acres) yang diperoleh melalui pengembangan pemuliaan/genetik jangka panjang dan pada tahap ini pembibit memasukkan darah dari kelompok lainnya. Setelah ciri khas yang diinginkan diperoleh, maka kelompok tersebut dilanjutkan pemuliaan tertutup, paling kurang lima generasi sebelum dipasarkan.

Produksi Peternakan
Hasil usaha peternakan dapat berupa:
Hasil pokok/utama, dalam bentuk;
Bahan pangan, susu, daging, telur, kerupuk kulit.
Tenaga/energi; hewan tarik/untuk mengolah lahan pertanian, transportasi.
Wool untuk bahan pakaian.

Hasil ikutan/by product.
Disamping hasil utama dari ternak juga diperoleh hasil ikutan yang tidak kalah artinya bagi kehidupan manusia, seperti;
Kulit ternak setelah disamak mempunyai nilai tambah yang tinggi untuk bahan sepatu, tas dan lain-lainnya.

Lanjutan..
Bulu, juga untuk sutlecock dan baju dingin.
Tulang/tanduk, untuk membuat tepung tulang dan bahan gelatin.
Darah, juga untuk tepung darah sebagai bahan makanan untuk ternak ayam.
Pankreas (sapi, kerbau dan babi), setelah diekstrak dihasilkan hormon insulin untuk mengobatan diabetes mellitus.
Waste Product
Pupuk; baik dari ternak besar, kecil maupun unggas dihasilkan pupuk kandang yang sangat penting untuk memelihara kesuburan tanah pertanian.
Hasil yang tidak bisa dinilai secara ekonomis, tetapi mempunyai arti penting sebagai hiburan (fancy breeding).
RANGKUMAN
Peternakan di Indonesia walau telah mengalami banyak kemajuan selama Pembangunan Jangka Panjang Tahap I, tetapi pada dasarnya masih berstatus ternak rakyat dengan jumlah pemeliharaan kecil-kecilan, kecuali ternak ayam ras petelur dan potong yang telah mulai diupayakan secara intensif, namun masih terkendala oleh fluktuasi faktor input dan pemasaran hasilnya.


Sejak awal kehidupan manusia, hewan telah dijadikan sumber pangan (protein hewani) yang berevolusi sesuai dengan penjinakan hewan menjadi ternak. Kemajuan dalam kapasitas produksi ternak berjalan sinergis dengan kemajuan inovasi teknologi pertanian, terutama sejak ditemukannya hukum genetika oleh Mendel. Bagian bab satu ini juga menjelaskan beberapa defenisi dibidang peternakan.

Tidak ada komentar: